Language

Category

Hosting Indonesia

Tutorial CorelDRAW (bagian 1)

3.1. Mempersiapkan Hardware dan Software CorelDRAW X3

Setelah memahami dengan baik konsep dasar seorang desainer komunikasi visual, Anda dapat mempersiapkan program pendukung dalam perancangan visual Anda.

Untuk kenyamanan dalam mengolah karya visual Anda, maka konfigurasi komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan program CorelDRAW X3 adalah sebagai berikut:
  1. Prosesor Pentium IV. Sebenarnya Anda bisa menggunakan prosesor dengan merek lain dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti: Celeron, AMD, atau lainnya.
  2. RAM 256 MB.
  3. Harddisk dengan ruang kosong minimal 1.5 GHz.
  4. Mouse.
  5. VGA Card 4 MB.
  6. CD/DVD ROM Drive (digunakan untuk mengistal CorelDRAW X3, mengambil clip art, foto, atau image-image lain yang Anda butuhkan).
Saya mengambil ukuran ini berdasarkan pada skala menengah. Pada dasarnya, walaupun spesifikasi komputer Anda lebih rendah atau lebih tinggi dari yang disebutkan, namun masih tetap dapat digunakan. Prinsipnya, semakin tinggi spesifikasi komputer Anda, maka akan semakin baik dalam menjalankan CorelDRAW.

Perlu Anda pahami di sini, bahwa untuk dapat mengikuti langkah demi langkah dalam web ini, Anda membutuhkan software CorelDRAW.

Walaupun pada web ini saya menggunakan program CorelDRAW X3, akan tetapi tidak menutup kemungkinan Anda menggunakan versi sebelum atau sesudah CorelDRAW X3 ini. Ini dikarenakan saya lebih menekankan pada penerapan konsep-konsep dasar desain komunikasi visual.

Sama halnya dengan cangkul untuk petani, pena untuk wartawan, dan alat masak bagi seorang cooker, begitupun saya menempatkan CorelDRAW untuk seorang desainer komunikasi visual. Satu catatan penting dari saya, jangan terkena “Effect Syndrom” dengan fasilitas yang ada.

Artinya apa?

Jangan sampai Anda menggunakan semua efek atau fasilitas yang ada tanpa memperhatikan karakter, pesan yang ingin disampaikan, maksud, dan tujuan dari desain atau karya visual yang
Anda buat.

Sebelum membuat program ini, pastikan Anda telah menginstal dengan baik program CorelDRAW. Jika hal itu sudah Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah:
  1. Klik Start> All Programs> CorelDRAW Graphics Suite> CorelDRAW X3.
  2. Tunggu beberapa saat hingga muncul tulisan, di mana Anda dapat membuat desain baru (New), membuat file yang baru-baru ini terpakai (Recently Used), membuat file yang sudah ada (Open), membuat desain dari Template (New From Template), tutorial Corel (Corel Tutor), dan mengetahui apa saja yang baru pada CorelDRAW X3 (What’s New?).
  3. Klik pilihan Anda!

3.2. Memahami CorelDRAW X3

Program yang satu ini begitu populer di antara para pemakai komputer, khususnya bagi mereka yang bergerak di bidang desain, tampilan iklan-iklan di surat kabar, majalah, desain kaos, desain
logo, dan percetakan, yang pada umumnya menggunakan program CorelDRAW.

Program ini dibuat oleh perusahaan Corel Corporation dengan nama CorelDRAW. Pada mulanya, program ini hanya berupa program sederhana, namun dapat dikatakan cukup bagus pada masa itu dibanding dengan program lain yang serupa, seperti Freehand atau Picture Maker.

CorelDRAW X3 merupakan produk terbaru dari Corel Corp. yang memiliki fitur baru. Perbaikan program ini membuat Anda lebih mudah dalam mengoperasikan, seperti adanya fasilitas dynamic guides untuk membantu Anda menempatkan posisi meluruskan dan menggambar benda yang hampir sama dengan benda lain. Ada juga fitur untuk mensejajarkan teks, dan tak kalah menariknya, CorelDRAW telah meningkatkan kesesuaian dengan format file standar industri, seperti Hewlett-Packard (PLT), AutoCAD Drawing Interchange Format (DXF), AutoCAD Drawing Database (DWG) dan lain-lain.

Pada masa perkenalan, software CorelDRAW telah menyediakan sejumlah besar alat pemroses objek gambar, mulai dari alat pembentukan objek gambar, hingga alat untuk presentasi. Berbagai kelengkapan fasilitas itulah yang membuat software CorelDRAW
tidak tertandingi oleh software sejenis lainnya.

Pada CorelDRAW versi terbaru ini, selain fasilitas yang sudah ada semakin diperbaiki dan ditingkatkan kemampuannya, terdapat juga sejumlah fasilitas yang baru. Misalnya Smart Fill Tool, yang dapat membantu Anda mengaplikasikan pengisian yang diciptakan
oleh objek yang saling tumpang tindih. Tidak seperti Fill Tool lainnya yang hanya dapat mengisi objek-objek.

Berikut ini tampilan keseluruhan dari program CorelDRAW X3:



Untuk lebih mendalami setiap fungsi dari CorelDRAW X3, secara langsung saya terapkan pada pembuatan corporate identity, promotion tool, presentasi, dan lain-lain pada pembahasan berikutnya.

0 komentar:

IP

Pengunjung

Info Lain

Daftar Pengikut

Web hosting murah

IdeBagus - Web Design dan hosting untuk website Indonesia