Language

Category

Hosting Indonesia

FreeProxy Internet Suite

by Hendrawan Nc.

 

Lega rasanya koneksi internet di tempat saya bekerja, sebelumnya sempat setres mikir tiap LAB dengan jumlah 20 PC dihidupkan dan semuanya terkoneksi dengan internet (Speedy dengan kecepatan rata-rata 500 Kbp/s s.d. 850 Kbp/s) apa yang terjadi? Koneksi langsung drop putus sambung putus sambung dalam tenggang waktu per 5 menit, bayangkan, pasti susahkan?

 

Nah... kini setelah muter-muter browsing, akhirnya menemukan juga solusinya, banyak beberapa alternatif tapi akhirnya saya putuskan untuk menggunakan FreeProxy Internet Suite yang dapat di download secara gratis.

 

Awalnya agak kesulitan, tapi Alhamdulillah, setelah merenung sejenak di sudut sekolah entah dapat angin segar dari mana datangnya akhirnya dapat inspirasi juga.

 

Intinya, membagi koneksi internet dari satu PC ke PC yang lain dalam satu LAN dalam satu LAB, dan pada PC yang dijadikan ROUTER cukup menggunakan 1 (satu) NIC gak perlu harus dobel NIC yang dishare begitu saja tetep tidak membuahkan hasil, tetapi saat PC router diinstall proxy hasilnya memuaskan.

 

Saya rasa cukup untuk ilustrasinya, sekarang kita mulai saja langkah-langkah untuk install proxy, tentunya jangan lupa download dulu installernya.

 

YANG PERTAMA

Install FreeProxy setelah terinstall jangan dijalankan dulu, seting dulu TCP/IP pada Local Area Connection lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya

 

setting_01

Klik pada Properties

 

setting_02

Dobel klik Internet Protokol (TCP/IP)

 

setting_03

Pada bagian ini isikan IP Address sesuai dengan LAN pada LAB misal pada LAN LAB Anda menggunakan Network 192.168.2.0/27 dengan jumlah komputer 20 - 30 maka pada PC Router yang terinstall proxy isikan IP address-nya dengan 192.168.2.30/27 Subnet mask: 255.255.255.224 Default gateway isikan dengan IP public, misal IP pada modem ADSL 192.168.1.1/24 untuk koneksi internetnya, kemudian isikan Preferred DNS server: 202.134.1.10 atau yang lainnya, Alternate DNS server: 202.134.0.155 atau yang lainnya.

 

Selanjutnya klik Advanced

 

setting_04

Tambahkan satu IP lagi pada IP addresses: 192.168.1.2 Subnet mask: 255.255.255.0 ini berfungsi agar PC Router dalam satu network dengan modem ADSL sehingga bisa terkoneksi dengan modem, selanjutnya klik OK dan coba buka browser, jika bisa koneksi internet maka PC Router siap untuk berbagi. Selanjutnya.....

 

YANG KEDUA

Saatnya buka aplikasi FreeProxy Internet Suite yang baru saja Anda install, dan perhatikan gambar berikut

 

setting_05

Dobel klik Proxy pada kolom Type maka tampil gambar berikut

 

setting_06

Perhatikan pada Client Port: 8080 ini yang akan menentukan port yang digunakan pada client, Anda bisa mengubahnya sesuai selera, tentunya masih dalam kaidah-kaidah yang berlaku.

Kemudian pada Local binding pilih nama NIC yang Anda gunakan pilih IP local yang digunakan PC Router (192.168.2.30), pada Remote binding pilih juga nama NIC yang digunakan pilih IP yang terhubung dengan modem (192.168.1.2), dan selanjutnya klik Done. Kemudian jalankan FreeProxy dengan menekan Start/Stop. Klik tombol Start pada Service mode maka proxy Anda sudah aktiv.

 

YANG KETIGA

Setting proxy pada browser client :

1. Mozilla :

Tools -- Option -- Advanced -- Network -- Settings kemudian pilih Manual proxy configuration seperti pada gambar berikut

 

setting_07

isi pada HTTP Proxy dengan IP Router 192.168.2.30 Port 8080 contreng Use this proxy server for all protocols, selanjutnya klik OK

 

2. Internet Explorer :

Tools -- Internet Options -- Connections -- klik LAN Settings

 

setting_08

setting_09

beri tanda contreng Use a proxy server for your LAN pada Proxy server dengan IP 192.168.2.30 port 8080 dan dilanjutkan klik tombol OK.

 

Untuk meningkatkan performa bisa ditambahkan CACHE, klik Cache

 

setting_10

Contreng Activate the cache, pilih folder atau buat folder baru dalam contoh saya menggunakan folder pada drive C:\\Cache pada Cache Control Path dan Cache Data Path, pada Cache Management pilih Continuous, setelah itu klik tombol Done.

 

Dan akhirnya selesai sudah langkah-langkah installasi proxy, contoh-contoh pada gambar terlihat tidak sama pada IP Address yang saya ilustrasikan, ini dikarenakan komputer yang saya gunakan untuk artikel ini bukan PC Router yang saya gunakan, jadi harap maklum.

 

"MEMPERSATUKAN DIRI MEMBANGUN BANGSA"

7 komentar:

irfan kurniawan said...

Wah seru nih proxy berbasis windows, kira-kira topologinya gimanan ya?

TKJ Jombang said...

Topologinya seperti jaringan LAN biasa, hanya saja PC yang diinstall proxy diberi dua IP tidak perlu menggunakan dua LAN Card/NIC

Anonymous said...

hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....

anton83 said...

wah siip.., tapi kelemahannya harus setting browser client, jadi kl teman2 mau nancapkan di Laptopnya di kabel LAN juga harus setting browsernya. ada nggak yg gk usah setting browsernya, agar teman2 yg mau nancap kabel LAN bisa langsung ngenet ???... tanks.. sebelumnya

Unknown said...

Mas....saya pake 2 LAN CARD...
Yang LAN 1 dari modem dan LAN 2 ke HuB. Yang mau saya tanyakan kira2 bagaimana cara mensetting freeproxynya. Karena yang pernah saya coba proxynya cm terasa pada komputer yang tertanam freeproxy saja, sedangkan pada klient tidak ada effect proxynya. Mohon penjelasannya mas. Kalau bisa sekalian dengan tutorialnya. Please ya...Makasih mas.

iwankipo said...

192.168.2.0/27
27 itu angka dri mana ya...maaf baru belajar

fery_777 said...

untuk service di FreeProxy start otomatis itu bgmn?
Kan klo komp dimatikn service nya harus nyalain manual di FreeProxy-nya.

Adakah cara utk bisa start service otomatis? Atau buat .bat untuk service nyala?

IP

Pengunjung

Info Lain

Daftar Pengikut

Web hosting murah

IdeBagus - Web Design dan hosting untuk website Indonesia